Lokalx.id - Di tengah masa sulit ini berdampak pada banyak industri di seluruh dunia, termasuk pariwisata. Sebagai pencegahan, hal terbaik yang harus dilakukan untuk masyarakat di seluruh dunia adalah tinggal di rumah sampai semuanya kembali normal.

Kami memahami bahwa beberapa dari Anda mungkin merasa sedih karena tidak dapat melihat keindahan dunia melalui mata Anda sendiri. Tapi jangan khawatir. Masih banyak cara untuk kamu menjelajahi berbagai destinasi, termasuk Indonesia, dan itu pun tanpa harus keluar rumah.

Kamu hanya cukup nyalakan komputer, sambungkan ke internet, pasang headset VR lalu ikuti 7 tur virtual di Indonesia ini!

Museum Seni Jakarta

Museum Wayang Kulit Jakarta Barat
Museum Wayang Kulit Jakarta Barat

Museum Wayang Kulit Jakarta Barat, bersama dengan Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Tekstil Jakarta, telah menyelenggarakan Live Tours dari museum-museum tersebut melalui Instagram Live.

Saat Live Tour Museum Tekstil Jakarta pada hari Rabu, misalnya, pemandu menjelaskan tentang koleksi museum, koleksi tertuanya, beberapa barang yang berusia lebih dari satu abad, dan cara merawat kain batik, antara lain. Para penonton juga diajak untuk bertanya melalui kolom komentar.

Kunjungi akun Instagram mereka untuk mencari tahu tentang jadwal Live Tour dan rekaman tur.

Museum Bahari

Museum Bahari Jakarta Utara
Museum Bahari Jakarta Utara

Terletak di Jakarta Utara, Museum Bahari bisa dikatakan sebagai bangunan tertua yang masih berdiri di ibu kota karena dibangun dalam tiga tahap dari 1652 hingga 1771.

Museum ini menyimpan koleksi sejarah maritim nusantara, mulai dari perahu kuno hingga gambar negara. pahlawan maritim.

Sejak pertengahan Mei lalu, pihak museum telah menggelar tur virtual melalui Instagram Live.

Dalam episode percontohannya, pemirsa dapat menjelajahi perahu tradisional negara dan koleksi lainnya secara digital. Mereka juga dapat melihat tur yang direkam di akun tersebut.

Museum Sejarah Jakarta

Museum Fatahillah Jakarta
Museum Sejarah Jakarta

Dalam rangka memperingati Hari Museum Internasional yang jatuh pada 18 Mei lalu, empat museum di bawah Unit Pengelola Museum Sejarah Jakarta menggelar virtual tour menggunakan Instagram Live.

Keempat museum tersebut adalah Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) di Jakarta Barat, Museum Joang ’45 di Jakarta Pusat, Museum Taman Prasasti di Jakarta Pusat, dan Museum MH Thamrin di Jakarta Pusat.

Museum Dewan Perwakilan Rakyat

Museum DPR
Museum Dewan Perwakilan Rakyat

Pernah dengar Museum DPR?

Bertempat di Gedung Nusantara I dalam kompleks DPR di Jakarta Pusat, museum ini mengeksplorasi sejarah, latar belakang, anggota, dan pertunjukan setiap periode.

Publik juga dapat menemukan dokumen terkait House dengan mengikuti tur virtualnya di situs web Poly Google, yang bertujuan untuk meningkatkan akses publik ke objek 3D.

Wisata Kreatif Jakarta

Operator tur Wisata Kreatif Jakarta telah mengadakan perjalanan virtual 90 menit melalui aplikasi konferensi video Zoom sejak awal Mei.

Diselenggarakan oleh pemandu berlisensi, perjalanan virtual terdiri dari rute reguler dari Senin hingga Kamis, rute khusus pada hari Jumat, dan rute internasional pada akhir pekan.

Rute reguler biasanya memungkinkan peserta untuk menjelajahi berbagai lokasi di Jabodetabek, sedangkan rute khusus didasarkan pada tema tertentu.

Rute internasionalnya meliputi Bangkok dan Brussel. Harga untuk perjalanan virtual mulai dari Rp 25.000 (US $ 1,69) untuk rute reguler.

Atourin

Layanan pariwisata satu atap Atourin menyediakan berbagai perjalanan virtual di seluruh Indonesia dan setiap perjalanan biasanya dipandu oleh pemandu lokal.

Ibadah tersebut juga menggelar Festival Libur Lebaran (Festival Liburan Idul Fitri) hingga 7 Juni mendatang.

Di antara destinasi yang tersedia adalah Pulau Natuna di Riau pada 31 Mei, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur pada 2 Juni, Tanjung Puting di Kalimantan Tengah pada 3 Juni, Desa Budaya Baduy pada 6 Juni dan Raja Ampat di Papua pada 7 Juni.

Tur virtual mulai dari Rp 50.000 untuk satu tujuan. Tapi kalau Anda pekerja medis, Anda akan mendapatkannya secara gratis.

Wisata Bersukaria

Penyelenggara tur Bersukaria Tour juga menawarkan program Bersukaria Open Trip yang memungkinkan peserta menjelajahi lokasi tertentu dengan tema unik.

Pada program Zoom versi virtual, penyelenggara perjalanan telah menyediakan wisata yang berbeda-beda, seperti 1000 Candi (1.000 Candi), dimana peserta dibawa ke kompleks candi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, Kota Majapahit yang Hilang dan Napoelon. Perang di Jawa.

Harga virtual tour berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 35.000 dan yang berminat bisa mendaftar di Instagram.