Lokalx.id - Banyuwangi memiliki banyak sekali pantai bagus loh. Mulai dari pantai berpasir putih, berpasir hitam, punya terumbu karang yang bagus, bahkan sampai pemandangan indah dan unik.

Namun tidak semua pantai di Banyuwangi cocok untuk dijadikan wisata keluarga. Sebab ada beberapa pantai yang aksesnya jalannya kurang bagus dan perlu tracking.

Kali ini lokalx.id ini berbagi 5 Pantai di Banyuwangi yang cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga. Silahkan disimak di bawah ini ya,

Pantai Boom Marina

Lokalx.id - Pemandangan di pantai Boom Marina (Dok: Achmad Maulana)

Pantai Boom Marina terletak di Banyuwangi kota ini memiliki pasir pantai yang cukup luas dengan muara sungai kecil yang bermuara disana. Terdapat area teduh yang bisa dinikmati wisatawan bersama keluarganya untuk bersantai dan menikmati pantai.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat ibadah, parkir yang luas serta adanya kafetaria (kantin).

Kalau boleh dibilang, pantai ini sudah berkembang menjadi lebih baik dengan merenovasi dan membangun fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan seperti Dermaga Boom yang bisa digunakan bersantai duduk-duduk menikmati senja dan suasana malam.

Ada juga Jembatan Ikonik Pulau Giliwangi yang punya desain arsitektur unik dan terbuat dari bambu. Jembatan ini menjadi spot wajib berfoto jika berwisata ke Pantai Boom.

Pantai Cacalan

Lokalx.id - Hutan rawa mangrove di Pantai Cacalan (Dok: Achmad Maulana)

Pantai ini berada dekat dengan Kota Banyuwangi, tepatnya berada di utara Pantai Boom Marina. Pantai ini unik karena punya hutan rawa mangrove yang bisa kalian nikmati dengan menyewa perahu kano loh.

Ada banyak pepohonan di sekitar pantai yang bisa digunakan untuk berteduh. Di pantai ini terdapat juga kafetaria.  yang menyuguhkan berbagai makanan berat maupun cemilan dan yang terkenal adalah gorengan tahu walik dengan sambel petisnya.

Waktu terbaik datang adalah pagi hari sebelum matahari terbit agar bisa menikmati matahari terbit, sarapan di pinggir pantai lalu seru-seruan main kano di Hutan Mangrove Pantai Cacalan.

Pantai Bangsring dan Pulau Tabuhan

Lokalx.id - Diving di pantai Bangsring (Dok: Achmad Maulana)

Pantai Bangsring ini terkenal dengan terumbu karangnya. Wisatawan yang datang kesini bisa menyewa peralatan Snorkeling dan menikmati keindahan terumbu karang serta ikan laut yang hidup di sekitar karang tersebut.

Setelah capai berkeliling menikmati terumbu karang, kita bisa bersantai di Rumah Apung yang ada di tengah laut. Di sana, kita bisa lihat penakaran ikan hiu.

Perlu kamu ketahui, bahwa Ikan hiu yang ada di Rumah Apung adalah ikan hiu yang diselamatkan karena tersangkut oleh jaring nelayan. Mereka direhabilitasi dulu di rumah apung ini, baru kemudian dilepas liarkan kembali.

Nah kalau kita melihat ke arah laut dari pantai bangsring ini terlihat ada pulau kecil. Pulau tersebut namanya Pulau Tabuhan dan kita bisa menyebrang ke pulau tersebut dengan menyewa kapal dari Pantai Bangsring ini.

Untuk sampai ke Pulau Tabuhan, perjalanan menggunakan kapalnya cuma sekitar 15-20 menit aja. Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang memiliki pantai putih yang tidak luas. Jadi saat berkunjung ke pulau Tabuhan, kita bisa menikmati suasana alami sebuah pulau seperti milik sendiri.

Pantai Pancur

Lokalx.id - Pasir putih di pantai Pancur (Dok: Achmad Maulana)

Pantai Pancur adalah pantai yang letaknya di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Pantai yang berpasir putih ini punya banyak spot menarik seperti spot melihat pantai dari ketinggiang di bukit Badug yang berada di sebelah kanan pantai dan spot bukit Hilal yang berada disebelah kiri pantai.

Di pinggir pantai, terdapat hutan pantai yang cukup teduh disana dan ada beberapa fasilitas shelter ukuran cukup yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati suasana laut.

Pantai Pancur ini terkenal sebagai slah satu spot menikmati senja di Banyuwangi sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari.

Pantai Pulau Merah

Lokalx.id - Senja di pantai Pulau Merah (Dok Istimewa)

Pantai Pulau Merah ini terkenal di Banyuwangi. Wisatawan dari luar kota, jika tidak ke pantai ini serasa belum berkunjung di Banyuwangi. Sebab hanya di pantai ini, kamu bisa menikmati senja paling eksotis bersama keluarga tersayang.

Pantai ini sangat terkenal karena ada sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai. Namun perlu kamu tahu juga, bahwa bukit tersebut hanya dapat kamu kunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Pantai pulau merah ini punya fasilitas yang lengkap loh. Mulai dari parkir yang luas, kamar mandi, rumah makan dan tempat ibadah.

Oh iya, pantainya juga punya hutan pantai. Kamu sekeluarga bisa berteduh sambil menggelar tikar dan menikmati pemandangan pantai.

Waktu terbaik ke Pulau Merah ini adalah sore hari karena dari pantai pulau merah ini kita bisa melihat suasana senja indah.

Nah bagaimana teman-teman, sudah memutuskan mau ajak keluarga ke pantai mana saat hari libur nanti?